OHF 2012 DI TUTUP

Alhamdulilah atas berkah dari Allah SWT, OHF 2012 telah selesai, semua berjalan dengan lancar dan mendulang pujian serta pengakuan dari berbagai pihak. Ucapan terimakasih tak henti-henti kami sampaikan kepada seluruh panitia pelaksana maupun stering yang telah bekerja keras dan konsisten dalam menjalankan amanah di kegiatan ini. Terimakasih kepada dosen Fisika yang selalu mendukung kegiatan kami sampai kegiatan berakhir. Terimakasih kepada ketua HMPS Pend.Fisika 2011/2012 yang selalu sabar menghadapai sikap panitia yang terkadang egois.Terimakasih kami ucapakan kepada seluruh peserta OHF mulai dari pembukaan hingga penutupan kegiatan OHF ini telah memeriahkan kegiatan kami ini. Sponsor kami Indosat, Antam, Sosro, Kalbe dan masih banyak lagi tak luput kami ucapkan banyak terimaksih atas dukungannya!
Kedepan tugas kami adalah mensukseskan OHF 2013. Segenap Pengurus HMPS Pend. Fisija akan banyak berbenah demi memuaskan peserta kegiatan. Nantikan kami kembali di OHF 2013.
Wasalam..

Pengumuman Seleksi 12 Besar Lomba Cepat Tepat Sains-Fisika (LCT) Tingkat SD/MI dan Sederajat se-Sulawesi Tenggara

DAFTAR NAMA SEKOLAH/KELOMPOK YANG LOLOS 12 BESAR LOMBA CEPAT TEPAT SAINS FISIKA SD/MI DAN SEDERAJAT SE –SULAWESI TENGGARA

NO

NAMA SEKOLAH/KELOMPOK

GURU PENDAMPING

POIN

1.

SD N 1 BARUGA (II)

INDARWATI SURIATI. N., S.Pd

190

2.

MI AL FATH (I)

ZAENAB, S.Pd.

183

3.

SD N SILEA JAYA

HERU KURNIAWAN, S.Pd.

177

4.

SD N 1 BARUGA (I)

DARNA, S.Pd.

175

5.

MI AL FATH (II)

ZAENAB, S.Pd.

173

6

SDN 10 KATOBU (I)

Drs. DASAMUDIN, M.Si.

171

7.

SDN 13 POASIA (II)

RAHMAWATY, S.Pd.

170

8.

SDN 7 KENDARI BARAT (I)

SUBAEDA, S.Sos.

168

9.

SDN 1 KENDARI BARAT (I)

WIDIAWATI, S.Pd.

163

10

SDN 11 MANDONGA

ELY TRIANA SARI, S.Pd.

160

11.

SDN 7 KENDARI BARAT (II)

HASWIN, S.Pd.

158

12.

SDN 13 POASIA (I)

Hj. SUKRIATI, S.Pd.

156

13.

GROUP BIMBEL AL FATH (I)

ASGAR BINUR A.Ma.

154

14.

SDN 3 POASIA

SINYO RITA PERTIWA, S.Pd.

146

15.

SDN 9 MANDONGA

SYARIFUDDIN, S.Pd.

143

16.

SDN INTEGRAL HIADAYATULLAH

SARNIATI S.Kom.

140

17.

SDN 18 BARUGA

NURHAYATI

138

18.

GROUP BIMBEL AL FATH (II)

NUR TSABITA

132

19.

SDN 10 KATOBU (II)

NETI, S.Pd. SD.

130

20.

SDN 1 KENDARI BARAT (II)

ROSDIATI YUSUF, S.Pd

122

21

SDN 1 POASIA (II)

ALFIAN JAMSIR, S.Pd.

119

22.

SDN 1 POASIA (I)

HARTINA, S.Pd.

108

23.

SDIT AL-QALAM

RAJAB

82

 

Catatan:

*Pencabutan undian untuk menentukan partai dilakukan pada Selasa, 28 Februari 2012   pukul 14.00 WITA bertempat di Auditorium Mokodompit Unhalu.

Pengumuman Seleksi 12 Besar Lomba Cepat Tepat Sains-Fisika (LCT) Tingkat SMP/MTs dan Sederajat se-Sulawesi Tenggara

DAFTAR NAMA SEKOLAH/KELOMPOK YANG LOLOS 12 BESAR LOMBA CEPAT TEPAT SAINS FISIKA SMP/MTS DAN SEDERAJAT SE –SULAWESI TENGGARA

NO

NAMA SEKOLAH/KELOMPOK

GURU PENDAMPING

POIN

1.

SMP N 5 KENDARI (I)

167

2.

SMP N 5 KENDARI (II)

158

3.

SMP N 4 KENDARI

158

4.

SMP N 9 KENDARI (I)

132

5.

SMP FRATER (II)

130

6.

MTs N 1KENDARI

120

7.

SMP FARTER (I)

108

8.

SMP N 7 KENDARI

100

9.

MTs N 2 KENDARI

92

10

SMP N 1KENDARI

90

11

SMP N 14 KENDARI

85

12

SMP N 8 KENDARI (I)

80

13

MTs N 1 KENDARI (II)

 

72

14

SMP N 8 KENDARI (II)

 

61

15

SMP N 9 KENDARI (II)

 

57

16

MTs AL FATH (I)

 

57

17

MTs AL FATH (II)

 

46

18

SMP SATRIA

 

41

 

Catatan:

*Pencabutan undian untuk menentukan partai dilakukan pada Selasa, 28 Februari 2012      pukul 14.00 WITA bertempat di Auditorium Mokodompit Unhalu.

 

 

Pengumuman Seleksi 12 Besar Lomba Cepat Tepat Sains-Fisika (LCT) Tingkat SMA/MA dan Sederajat se-Sulawesi Tenggara

DAFTAR NAMA SEKOLAH/KELOMPOK YANG LOLOS 12 BESAR LOMBA CEPAT TEPAT SAINS FISIKA TINGKAT SMA/MA DAN SEDERAJAT SE –SULAWESI TENGGARA

NO

NAMA SEKOLAH/KELOMPOK

GURU PENDAMPING

POIN

1.

SMAN 1 KENDARI (I)

DRS. NAFARUDIN

184

2.

AFP (II)

181

3.

SMAN 1 UNAAHA

WD. SINTA SARDI, S.Pd.

WAYAN SUDARNI, S.Pd

150

4.

SMA N 1 KENDARI (II)

DRS. NAFARUDIN

148

5.

SMA N 1 LADONGI (II)

NYOMAN ARIANI, S.Pd

141

6.

SMA N 4 KENDARI (I)

DRS. LA SAYE

130

7.

AFP (I)

123

8.

SMA N 1 LADONGI (I)

NYOMAN ARIANI, S.Pd

123

9.

SMA N 4 KENDARI (II)

AMRAN, S.Pd

113

10

KLUB SAINS KIR (I)

DRS. NAFARUDIN

106

11

SMA N 2 KENDARI (I)

106

12.

SMA N 5 KENDARI (I)

103

13

SMA N 2 KENDARI (II)

 

100

14

KLUB SAINS KIR (II)

 

92

15

SMA N 5 KENDARI

 

88

16

SMA N 2 UNAAHA

SAFRI, S.Pd

85

17

SMA KESEHATAN

SYAMSIAR,S.Pd

82

18

SMA N 1 RUMBIA

MARTINI MUSLIMIN,S.PD

80

Catatan:

*Pencabutan undian untuk menentukan partai dilakukan pada Selasa, 28 Februari 2012      pukul 14.00 WITA bertempat di Auditorium Mokodompit Unhalu.

Rangkaian Kegiatan OHF 2012

Open House Fisika dengan tema “Sains fisika dan tenkologi informasi yang aplikatif untuk meningkatkan prestasi dan kreativitas anak bangsa” akan di mulai pada hari ini (Senin, 27 Februari 2012) dan rencananya akan di buka langsung oleh Gubernur Sultra H. Nur Alam, SE.
Kegiatan yang berlangsung selama se-pekan ini diantaranya lomba cepat tepat sains-fisika (LCT Sains-Fisika) tingkat SD/SMP/SMA dan sederajat se-Sultra, lomba karya inovasi tingkat SD/SMP/SMA dan sederajat se-Sultra, Workshop PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk guru dan mahasiswa, fisika ekspo dan seminar IT (multimedia pembelajaran) untuk mahasiswa dan guru dengan pembicara seorang senior trainer di Intel Education Indonesia bapak Winastwan Gora Swajati, ST, MT .

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Eksperiman Fisika :: Gaya Tegangan Permukaan

(kayak apa ya??simak deh eksperimennya…!!!!!!!!!!!!!!)

Gaya Tegangan Permukaan

Kali ini kita akan melihat bagaimana gaya tegang permukaan air dapat dipengaruhi oleh zat lainnya. Kira-kira apa yang akan terjadi dengan permukaan airnya ya?

Apa Yang Kamu Butuhkan?
1.Satu helai benang berukuran sekitar 15 cm
2.Wadah berisi air
3.Sabun cair

Cobalah Ini:
Letakkanlah benang dalam bentuk melingkar diatas permukaan air, tapi jangan diikat. Pastikan benang tersebut mengambang. Tidak tenggelam. Kemudian teteskanlah setetes sabun cair pada posisi ditengah lingkaran benang tersebut. Perhatikan apa yang terjadi pada benangnya!

Apa yang terjadi?
Benang yang tadinya berbentuk lingkaran perlahan-lahan melebar sehingga ujung-ujungnya memisah. Hal ini karena pada awalnya, gaya tegang permukaan menahan posisi benang sehingga bisa berbentuk lingkaran. Tapi kemudian setelah ditetesi sabun cair, daerah disekitar tetesan sabun tersebut menjadi lemah ikatannya. Dan daerah permukaan diluar benang yang ikatan molekul airnya lebih kuat akan menarik benang sehingga bentuk benang menjadi melebar dan tidak lagi berbentuk lingkaran.

try at home..!!

Eksperimen Fisika : Sulap Larutan dengan Listrik

Sulap Larutan dengan Listrik

Yookkkk..bermain lagi dengan listrik!
Apakah teman-teman pernah mendengar mengenai korslet? Biasanya jika ingin mencabut stop kontak, seringkali ada peringatan tangan tidak boleh basah. Apa benar air dapat menghantarkan listrik? Coba buktikan yuk!

Apa Yang Kamu Butuhkan?
1.Lampu kecil dengan soketnya
2.Dua kabel berukuran 30 cm
3.Baterai 9 volt
4.Kancing baterai
5.Air murni
6.Garam secukupnya
7.Gelas

Cobalah Ini:
Pasang dua kabel pada masing-masing ujung kabel kancing baterai yang telah terpasang pada kutub baterai. Sambungkan ujung kabel yang satu pada soket yang telah dipasangi lampu. Biarkan ujung kabel baterai dan ujung kabel lampu lainnya tidak terpasang. Tuangkan air murni kedalam gelas. Kali ini, masukkan kedua ujung kabel yang tidak terpasang ke dalam air tersebut. Tapi jangan sampai kedua ujung kabelnya saling bersentuhan. Apa yang terjadi, apakah lampunya menyala?

Sekarang, coba masukkan garam kedalam gelas berisi air tadi dan aduk hingga larut. Lalu masukkan kedua ujung kabel kedalamnya. Apakah lampunya sekarang menyala?

Apa yang terjadi?
Ternyata, gelas yang berisi air murni tidak bisa menyalakan lampu! Hal ini disebabkan karena ternyata air murni tidak dapat menghantarkan listrik. Ketika kita menambahkan garam, terjadi yang namanya pemecahan molekul garam menjadi ion na (+) dan ion cl (-). Ion inilah yang berperan dalam menghantarkan listrik. Larutan garam seperti ini dinamakan larutan elektrolit. INGAT! Air murni hanya bisa didapatkan pada air minum dalam kemasan atau toko kimia (biasanya dinamakan aquades). Sedangkan pada air keran, sering terdapat butiran garam dalam air keran tersebut. Jadi jangan bermain-main dengan benda elektronik dengan tangan basah. Meski tangan kamu basah dengan air murni, ternyata tangan kita menghasilkan garam juga melalui keringat!
Sumber : http://fisika21.wordpress.com

Eksperimen Fisika : Arus Listrik (ayooo mencoba..!!)

Wahh..dari judulnya dah bikin merinding..penyebab kebakaran biasanya  mengkambing hitamkan hubungan arus pendek listrik tapi kali ini kita akan coba seperti apa arus pendek listrik itu terjadi lewat percobaan sederhana berikut…!

Kita mengetahui listrik harus melalui rangkaian tertutup(ngertikan apa rangkain tertutup itu..??) untuk dapat mengalir. Tapi terkadang, aliran listrik dapat terganggu. Cobalah eksperimen ini untuk mengetahui apa itu arus pendek dan apa yang dapat terjadi akibat arus pendek.

Apa yang Kamu Butuhkan?
1. Dua kabel 30 cm
2. Bola lampu kecil dan soketnya (tempat lampu)
3. Baterai 9 volt
4.Kancing baterai

Cobalah Ini:
Kelupas plastik kabel pada kedua ujung kebel dan pada bagian tengah kabel. Hubungkan masing-masing kabel pada masing-masing kutub baterai dan hubungkan dengan soket lampu. Perhatikan apa yang terjadi?
BAHAYA! Sekarang, dengan cepat hubungkan bagian tengah kabel yang terkelupas. Lakukan ini hanya selama dua detik saja, dan pastikan tanganmu MENYENTUH BAGIAN PLASTIK KABEL. Kabelnya mungkin akan terasa panas. Apa yang terjadi pada lampu?

Fakta Mengenai Magnet:
Ketika kamu membuat rangkaian listrik biasa, listrik akan memanaskan kawat filamen yang ada pada bola lampu dan membuatnya menyala. Tapi ketika kamu menyilangkannya (menghubungkan bagian tengah kabel yang terkelupas tadi), lampu akan mati. Ingatlah: Listrik akan mengambil lintasan yang lebih mudah (lebih pendek) dari suatu rangkaian.

Ketika kamu menyilangkannya, kamu membuat arus pendek. Arus pendek ini tidak akan memanaskan filamen bola lampu agar menyala, tapi justru akan memanaskan kabel. Kamu mungkin akan mencium bau hangus ketika ini terjadi.

Arus pendek sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kerusakan besar. Jadi selalu waspada dengan mata dan hidungmu untuk melihat dan mencium apabila ada tanda-tanda arus pendek.

sumber : http://fisika21.wordpress.com

Ngegames ala Fisikawan Yukkkk…!!

Percobaan Fisika Asyik : Bom Gelembung Air

Waduh ini eksperimen ko tentang bom sih? Tenang aja gak berbahaya ko, percobaan ini lumayan lah buat ngejahilin temen-temen di waktu senggang. Nah untuk ngebuatnya, bahan yang kalian butuhkan yaitu :

  • Air
  • Gelas ukur kecil
  • Plastik dengan penutup rapat kayak plastik obat
  • Baking soda
  • Cuka
  • Kertas
Langkah Pembuatan :
  • Sobek kertas berbentuk persegi ukuran 10cmx10cm.
  • Masukkan 1 sendok baking soda kemudian lipat berbentuk persegi.

 

  • Kedalam wadah plastik masukkan 1/2 gelas kecil cuka dan 1/4 gelas kecil air hangat.
  • Setelah itu, masukkan kertas berisi baking soda tadi ke dalam wadad plastik lalu tutup rapat secepatnya.
  • Kocok plastik sebentar kemudian menghindar dan tiaraapp! (hahaha gak segitunya kali).

  • Alhasil BOOOOMMMMM plastik tadi akan meledak seperti bom.

Ada yang tahu gak kenapa??? Hayo yang tahu jawabannya kasih komentarnya aja OK!

ngutip dari http://www.budakfisika.net/2009/03/percobaan-fisika-asyik-bom-gelembung.html

Fisika Asyik : Sumber Listrik Alami

Sumber Listrik Alami: Baterai Buah

Wah ada-ada aja nih yang punya blog, masa buah dijadiin baterai dimana-mana enaknya juga dibikin rujak pasti seger. Believe it or not kita dapat menyalakan sebuah lampu kecil dengan menggunakan buah. Kalo begitu mari kita langsung buat saja.
Alat dan bahan yang dibutuhkan:
  1. Kentang (disini kita pakai kentang, tapi kalian menggunakan lemon atau buah lainnya jika tertarik)
  2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa)
  3. Kabel
  4. Penjepit buaya
  5. Lempengan tembaga
  6. Lempengan seng
  7. Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam
Langkah-langkah:

  1. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kawat mentah.
  2. Jepitkan kabel kepada lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu.
  3. Lihat nyala lampu yang terjadi.
  4. Jika nyala lampu belum kelihatan, maka tambah kentang tersebut  agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar (lihat pada gambar).
Apa yang terjadi?
Lampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Seperti halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan itu pun menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah. Getah kentang mempengaruhi logam-logam itu secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh akren aitu, susunan seperti ini disebur elemen galvani, karena yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter Itali bernama Galvani.